Pasar Properti

Tips mudah menghilangkan kapur pada batu akik atau gemstone

Cara menghilangkan kapur di batu akik atau gemstone

Ditulisan sebelumnya tentang cara menghilangkan kapur pada akik sudah dijelaskan penggunaan alkohol untuk menhilangkan kapur pada akik. Pada tulisan ini akan kami tambahkan dua teknik lain yang bisa dicoba untuk menghilangkan kapur pada batu akik. Sebelum kita mulai menhilangkan kapur pada batu akik, kita pahami dulu apa itu kapur dan kenapa kapur sangat sering terdapat pada batuan yang dipakai untuk cincin akik. Hal ini kita pahami dulu biar kita punya basic pengetahuan yang tepat dan mendalam sehingga lebih lihai dalam menghilangkan kapur pada batu akik.

batu akik jenis sulaiman yang banyak ada di pasaran

Mengenal kapur pada batu-batuan

Batu-batuan memang secara umum mengandung kapur, termasuk juga di batu akik seperti Bacan, Sungai Dareh, Idocrase, Lumut Suliki, Panca Warna, Safir, Zamrud, Black Opal, dll. Kapur sendiri adalaha nama dari senyawa berwarna putih yang kandungan utamanya adalah kalsium, terdiri dari kalsium karbonat, kalsium oksida dan kalsium hidroksida. Kapur berasal dari organisme laut purba yang telah mati. Sisa-sisa jasad dan cangkangnya yang mengandung kalsium jasadnya bertumpuk-tumpuk dan perlahan membentuk lapisan endapan, setelah berjuta-juta tahun lapisan ini menjadi batuan melalui proses geologi.

Batu kapur dibedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan bagaimana dia terbentuk, tekstur, komposisi mineralnya, dan beberapa faktor lainnya. Dibawah ini adalah pengkategorian batu kapur yang umum dipakai:

Chalk
adalah jenis kapur dengan tekstur lembur dan halus. Umumnya memiliki putih keabu-abuan. Kapur jenis ini terbentuk dari organisme yang memiliki cangkang berkalsium dan organisme laut mikroskopis seperti foraminifera atau dari berbagai jenis ganggang laut.
Coquina
adalah jenis batuan kapur kasar yang tersemenkan yang berasal dari sisa-sisa cangkang organisme laut. Batuan ini sering terbentuk di daerah pantai dimana terjadi pemisahaan fragmen cangkang dengan ukuran yang sama oleh gelombang laut.
Fossiliferous Limestone
adalah jenis batu kapur yang sebagian besar terbuat dari kalsium karbonat (CaCO3) berupa mineral kalsit atau aragonit yang mengandung banyak sekali fosil atau jejak fosil. Fosil di batuan ini mungkin berukuran makroskopis atau mikroskopis.
Lithographic Limestone
adalah jenis batu kapur keras yang berbutir cukup halus, homogen dan bebas cacat untuk digunakan dalam litografi. Ahli geologi menggunakan istilah "tekstur litografi" untuk merujuk pada ukuran butir di bawah 1/250 mm.
Oolitic Limestone
adalah jenis batuan kapur yang terutama tersusun oleh kalsium karbonat "oolites", berbentuk bulatan kecil yang terbentuk oleh hasil presipitasi konsentris kalsium karbonat pada butir pasir atau cangkang fragmen.
Travertine
adalah salah satu bentuk batu kapur yang didepositkan oleh mata air mineral, terutama air panas. Batu alam ini dibentuk oleh alam melalui proses pengendapan kalsium karbonat. Travertine kerap ditemui di mulut sumber air panas atau di dalam gua, yang menghasilkan deposit seperti stalaktit, stalakmit dan flowstone. . Batu alam ini terdapat di beberapa negara terutama Italia, Turki, Meksiko, dan Peru.

Cara Menghilangkan Kapur Pada Batu Akik atau Gemstone

Setelah kita membahas sedikit tentang apa itu kapur dan bentuk-bentuknya sekarang kita bisa mulai menghilangkan kapur pada batu akik. Tentu saja kapur yang ada di batu akik akan mengurangi keindahan warna dan kekilauannya. Mitos air hujan dan mengkukus batu akik untuk menghilangkan zat kapur yang belakangan ini beredar dikalangan penggemar batu akik tidaklah benar atau hanya isu saja

Teknik Pertama Dengan Alkohol

Peralatan yang perlu disiapkan:

  1. Wadah untuk merendam batu akik dari bahan kaca, anda bisa beli erlenmeyer di toko alat-alat dan bahan kimia atau bisa juga memakai gelas minum dari kaca. Jangan sekali-kali memakai wadah dari logam seperti besi atau logam lain untuk menghindari reaksi kimia antara alkohol, wadah dan batu akik.
  2. Larutan alkohol 95% atau 75%. Banyak dijual diapotek sebagai desinfectan.

Tahapannya:

  1. Masukkan batu akik yang akan dihilangkan kapurnya ke wadah yang telah disiapkan
  2. Masukkan alkohol yang telah dibeli ke dalam wadah sampai merendam semua batu akik.
  3. Diamkan selama 5 jam agar kapur terlarut dalam larutan alkohol.
  4. Sesekali aduk-aduk agar lebih cepat larutnya.
  5. Setelah 5 jam, anda bisa mengambil batu akik dalam wadah dan mengeringkannya kemudian gosok2 untuk menghilangkan kapur yang masih menempel
  6. Jika dirasa masih kurang atau masih ada sisa kapur di batu akik anda... ulangi tahapan 1 - 5 diatas sampai anda merasa semua kapur sudah hilang.

Teknik Kedua Dengan Dengan Cairan Pembersih Keramik dan Porselen

pembersih porselen dan keramik untuk mehilangkan kapur pada batu akik

Peralatan yang perlu disiapkan:

  1. Wadah sama seperti yang dipakai di teknik pertama diatas.
  2. Pembersih porselen, anda bisa membeli porstex, vixal, harpic atau merek lain yang banyak dijual dipasar, indomaret atau alfamart.
  3. Kertas tissue (jangan tissue basah atau tissue desinfektan)

Tahapannya:

  1. Tuang pembersih porselen/ubin pada wadah secukupnya, sekiranya cukup untuk membuat batu akik terendam
  2. Masukkan batu akik ke dalam wadah, maka akan terjadi reaksi kimia jika batu akik anda terdapat senyawa kapur di dalamnya.
  3. Diamkan selama 10 menit.
  4. Sesekali aduk-aduk agar lebih cepat reaksi kimianya.
  5. Jika dirasa masih kurang atau masih ada sisa kapur di batu akik anda... ulangi tahapan 1 - 4 sampai terkikis habis kapurnya.

Teknik Ketiga Dengan Cairan Pemutih Pakaian

pemutih pakaian merek bayclin yang biasa diapakai untuk membersihkan kapur pada batu akik

Peralatan yang perlu disiapkan:

  1. Wadah sama seperti yang dipakai di teknik pertama diatas.
  2. Carian pemutih pakaian seperti bayclin atau merek lain
  3. Kertas tissue (jangan tissue basah atau tissue desinfektan)
  4. Jeruk nipis

Tahapannya:

  1. Masukkan batu akik yang akan dihilangkan kapurnya ke wadah yang telah disiapkan
  2. Masukkan cairan pemutih pakaian yang telah dibeli ke dalam wadah sampai merendam semua batu akik.
  3. Peras jeruk nipis dan masukkan dalam wadah
  4. Diamkan selama 5-10 menit agar kapur terlarut dalam larutan alkohol.
  5. Sesekali aduk-aduk agar lebih cepat larutnya.
  6. Setelah 5-10 menit, anda bisa mengambil batu akik dalam wadah dan mengeringkannya kemudian gosok2 untuk menghilangkan kapur yang masih menempel
  7. Jika dirasa masih kurang atau masih ada sisa kapur di batu akik ulangi tahapan 1 - 6 diatas sampai anda merasa semua kapur sudah hilang

Demikian 3 cara mudah menghapus kapur yang ada di batu akik. Semoga bermanfaat dan bisa dipratekkan oleh teman-teman pecinta dan kolektor batu akik. Terimakasih