Pasar Properti

Tips menentukan warna cat rumah saat renovasi dan buat baru

Halo sobat properti... kita datang lagi nih dalam rubik tips dan trick, jika soba properti sedang dalam tahap bangun atau renovasi rumah dan bingung milih-milih warna cat rumah, nah pas banget karena team pasar properti sedang berbagi tips memilih warna yang tepat untuk rumah, yuk disimak.

  1. Sesuaikan Dengan Style Arsitektur Rumah: Warna cat rumah yang dipilih tentunya harus matching dengan gaya arsitektur rumah, gak mau kan sobat properti rumahnya jadi ada yang kerasa aneh karena stylenya tabrakan dan gak nyambung. Jika rumah didesain dengan gaya minimalis, warna cat rumah abu-abu akan cocok dengan gaya tersebut. Namun, jika rumah memiliki gaya klasik, warna cat putih atau krem akan lebih cocok.

  2. Sinkronkan dengan Lingkungan Luar Rumah: Warna cat rumah juga perlu disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar rumah didominasi oleh warna-warna alam seperti hijau atau coklat, warna cat abu-abu lebih cocok dengan lingkungan tersebut.

  3. Sesuaikan Juga dengan Arah Rumah: Warna cat rumah juga perlu memperhatikan arah rumah. Jika rumah menghadap ke arah utara, warna cat rumah yang cocok adalah warna-warna hangat seperti merah dan kuning. Namun, jika rumah menghadap ke arah selatan, warna cat rumah yang cocok adalah warna-warna dingin seperti biru dan hijau.

  4. Perhitungkan Kondisi Cuaca: Jika tempat tinggal sobat properti ada di daerah yang panas, warna cat rumah yang cocok adalah warna-warna terang seperti putih atau krem. Namun, jika berad di daerah yang dingin, warna cat rumah yang cocok adalah warna-warna gelap seperti abu-abu atau hitam.

  5. Kombinasi Warna: Jika sobat tertarik memakai car rumah abu-abu, sobat properti dapat mengombinasikannya dengan warna lain untuk menimbulkan suasana yang lebih hidup di dalam rumah. Berikut adalah beberapa kombinasi warna cat rumah abu abu yang dapat dicoba:

    • Abu-abu dan putih: Kombinasi ini memberikan kesan minimalis dan modern.
    • Abu-abu dan krem: Kombinasi ini memberikan kesan ketenangan dan damai.
    • Abu-abu dan biru: Kombinasi ini memberikan kesan elegan dan segar.
    • Abu-abu dan cokelat: Kombinasi ini memberikan kesan mewah dan modern.
    • Abu-abu dan hijau: Kombinasi ini memberikan kesan asri dan menyejukkan.
    Rumah dengan ruang tamu warna abu-abu

    Interior ruang tamu dengan warna dominan abu-abu

  6. Kondisikan Pencahayaan: Warna cat rumah juga perlu ditata dengan menata sumber pencahayaan. Jika rumah memiliki banyak cahaya matahari, warna cat rumah yang cocok adalah warna-warna terang seperti putih atau krem. Namun, jika rumah memiliki sedikit cahaya matahari, warna cat rumah yang cocok adalah warna-warna gelap seperti abu-abu atau hitam.

  7. Pilih Kualitas Cat Yang Baik: Terakhir, pastikan memakai cat dari pabrikan yang sudah terkenal baik mutunya. Cat berkualitas tinggi lebih tahan lama, tidak mudah pudar dan mengelupas.

Warna Abu-Abu Bisa Jadi Pilihan Yang Aman dan Langgeng

Rumah dengan ruang tamu warna interior abu-abu

Ruang makan dan ruang tamu dengan cat tembok warna abu-abu

Tren warna rumah memang selalu berubah mengikuti selera jaman... tapi jika sobat teliti dan perhatikan warna abu-abu tak lekang waktu terus populer. Warna ini memiliki karakter fleksibel dan mudah dipadukan dengan berbagai warna lainnya, selain itu juga memberikan kesan elegan dan modern pada rumah. Berikut adalah beberapa alasan mengapa warna abu-abu cocok untuk rumah:

  1. Membuat Warna Lain Tampil Bersinar: Karakternya yang netral dapat memberikan kesempatan pada warna lain lebih bersinar. Jika sobat ingin menonjolkan warna lain pada rumah, warna abu-abu bisa jadi pilihan yang pas.

  2. Memperjelas Tekstur Rumah: Warna abu-abu memberikan kesempatan pada tekstur untuk lebih kelihatan. Jika rumah dipenuhi dengan tekstur yang menarik seperti batu bata atau kayu, warna abu-abu akan membantu menonjolkan tekstur tersebut.

  3. Memberi Fokus pada Aksen dan Furniture: Jika rumah sobat properti memliki banyak aksen dan funiture seperi aksen pintu, jendela, penyekat ruangan portable, sofa, maka warna abu-abu akan membantu menonjolkan aksen dan furniture tersebut.

  4. Tidak Mematikan Dekorasi: Karena warna abu-abu kalem dan netral, maka jika dipakai tidak mengambil alih fokus dekorasi rumah yang dipasang, sehingga jika rumah memiliki dekorasi yang menarik seperti lukisan, foto keluarga, patung, dan ornamen di dinding, warna abu-abu akan menonjolkan dekorasi tersebut.

Gimana panduan memilih warna cat rumah dari team pasar properti? lengkap dan bermanfaat bukan?, semoga sobat properti semua lancar proses ngecat rumahnya dan jangan lupa kunjungi pasarproperti.com untuk panduan dan tips berikutnya, ciao....