Pasar Properti

Manfaat Black Olive

Buah zaitun alias olive merupakan buah mungil khas Mediterania yang dikenal karena banyak orang suka dengan pola makan orang Mediterania. Buah ini umumnya diolah menjadi acar, minyak zaitun, serta sebagai campuran salad, saus, atau pasta. 

Buah zaitun yang dikenal ada dua, yaitu buah zaitun yang berwarna hijau dan yang berwarna hitam. Jika buah zaitun hijau adalah buah yang belum masak, maka buah zaitun hitam atau black olive adalah buah zaitun hijau yang telah masak. Karena hal inilah buah zaitun yang berwarna hijau biasanya memiliki rasa pahit yang lebih kuat dibanding zaitun hitam. Untuk menghilangkan rasa pahit tersebut, buah zaitun biasanya akan direndam dalam larutan garam sehingga menghasilkan acar zaitun. 

Meski berbeda dari segi warna dan rasa pahitnya, kandungan gizi zaitun hitam tidak berbeda dari zaitun hijau, yaitu kaya akan lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, polifenol, mineral, zat besi dan tembaga, serta flavonoid. Manfaat black olive alias zaitun hitam sangat banyak, antara lain untuk meningkatkan kesehatan jantung, melawan infeksi, mencegah kanker, dan memperbaiki kesehatan tulang.

Warna buah zaitun sesuai dengan proses pematangannya. Seperti buah zaitun hijau yang dipetik sebelum masak, dan buah zaitun hitam yang berasal dari buah zaitun hijau yang masak.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Black olive mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat. Asam lemak ini sangat baik untuk tubuh karena dapat mengatur kadar kolesterol dalam darah, mengurangi tekanan darah, serta melindungi kolesterol LDL dari proses oksidasi. Oleh karena itulah buah zaitun hitam mampu meningkatkan kesehatan jantung. 

2. Mencegah Kanker

Selain mengandung asam lemak tak jenuh yang baik untuk kesehatan jantung, zaitun hitam juga mampu mencegah kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi. Hal ini telah dibuktikan dalam penelitian serta dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa buah zaitun mampu mengganggu siklus hidup sel kanker yang ada di perut, usus, dan payudara. Meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, penelitian tersebut telah membuktikan bahwa zaitun mampu mencegah kanker. 

3. Melawan Infeksi

Manfaat black olive yang lain adalah melawan infeksi karena mengandung banyak antioksidan seperti quercetin, asam oleanolik, oleuropein, dan hydroxytyrosol. Karena kandungan antioksidannya yang tinggi itulah zaitun hitam dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada tubuh serta membantu melawan infeksi bakteri.

4. Merawat Kesehatan Kulit

Minyak buah zaitun telah banyak digunakan sebagai produk perawatan kulit. Manfaat black olive yang satu ini telah dibuktikan melalui berbagai studi dan penelitian. Bahkan ada studi yang mengkaji tentang pengaruh minyak zaitun terhadap kesembuhan luka pasien diabetes tipe 2. Studi dan penelitian tersebut dipublikasikan pada Journal of Diabetic & Metabolic Disorders di mana dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa kombinasi minyak zaitun dengan perawatan rutin lebih efektif dalam memulihkan luka.