Pasar Properti

Tips panduan jual rumah cepat laku

Ingin jual rumah cepat laku dalam waktu singkat? ada beberapa trik bisa dicoba. Tidak ada salahnya untuk melakukan beberapa trik di bawah. Yuk langsung saja disimak panduan menjual rumah berikut.

spanduk iklan properti rumah dijual

1. Cari harga pasaran rumah di lokasi anda dengan tanya ke agen properti profesional atau cek di marketplace properti

Ini hal paling pokok dalam menjual rumah agar cepat laku yaitu pastikan harganya sesuai harga pasaran!. Jika harga anda diatas harga pasaran maka rumah anda bisa jadi tidak akan ada yang tertarik karena pera calon buyer akan akan melirik rumah lain yang dijual yang berada di area yang sama dengan rumah anda. Ingat... yang jual rumah atau properti bukan hanya anda saja. Sudah jadi tabiat manusia untuk mencari harga yang lebih murah.

Berikut beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk mencari harga pasaran rumah. Pertama, jika rumah anda terletak di pinggiran kota, coba survei atau bertanya dengan agen properti tentang harga di daerah tersebut. Umumnya harga properti di pinggiran kota lebih murah dari properti di tengah kota karena bisanya fasilitas dan kemudahan akses ke fasilitas publik tidak sebaik di tengah kota. Kedua, dengan memakai acuan NJOP (Nilai Jual Objek Pajak). Nilai Jual Objek Pajak adalah harga rata-rata yang digunakan untuk menentukan nilai nominal yang harus dibayarkan pada transaksi jual beli, salah satunya adalah transaksi jual beli rumah. Anda bisa check nilai NJOP rumah anda di surat pajak PBB rumah anda. Pastikan anda jual di atas harga NJOP kecuali anda mau jual rugi!.

Cek fasilitas kesehatan, pendidikan, dan pusat perbelanjaan di sekitar hunian

Untuk mendapatkan harga yang ideal, tentu tidak cukup bagi anda hanya menghitung harga tanah dan bangunan saja. Dalam tips cara jual rumah cepat laku untuk menggaet pembeli, anda juga bisa memberikan informasi pendukung berupa mudahnya akses menuju tempat-tempat penting di sekitar hunian. Tentu hal ini akan meningkatkan harga rumah tanpa perlu repot-repot menambahkan fasilitas tambahan.

2. Bersihkan dan rapikan rumah anda

Biasanya orang jual rumah karena lagi butuh uang, jadi anda tidak perlu merenove besar-besaran rumah anda hanya untuk mengikuti trend kekinian, cukup pastikan rumah anda dalam kondisi bersih dan rapi. Jika ada yang bocor dan anda punya budged untuk perbaikan maka perbaiki kebocoran yang terjadi jika pelu di cat ulang juga lebih baik. Minimal anda harus sering membersihkan rumah anda dan merapikan ekseterior rumah seperti membersihkan halaman rumah, menghilangkan tanaman dan rumput liar.

Dengan tampilan yang lebih menarik, tentu dapat memikat ketertarikan pembeli pada rumah tersebut. Tampilan exterior rumah akan menjadi impresi pertama bagi calon pembeli rumah Anda. Mengapa hal ini penting? Karena salah satu cara agar jual rumah cepat laku pada aplikasi online adalah dengan menarik minat pembeli dari foto yang tampil. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah

  • Pastikan dinding dan teras Anda terlihat terawat dan bersih.
  • Bersihkan pagar rumah dan benahi sebisa mungkin yang rusak seperti cat yang mengelupas, roda yang susah berberak (jika pagar anda beroda), dll.
  • Singkirkan perabot-perabot yang tidak perlu dari halaman depan rumah anda agar rumah terlihat lebih luas, terang dan rapi.

Anda juga perlu memperhatikan bagian-bagian interior rumah anda seperti ruang tamu, kamar mandi, ruang tidur, dan dapur karena calon penghuni rumah nantinya akan lebih banyak menghabiskan waktunya di ruangan tersebut. Gunakan lampu yang terang, jika perlu ganti lampu lama dengan yang lebih terang. Lampu terang akan menimbulkan aura cerah dan luas.

3. Ambil foto interior, eksterior dan lingkungan sekitar sebanyak-banyaknya dari sudut yang bagus untuk media promosi

contoh foto eksterior rumah dijual yang baik
Contoh foto eksterior rumah yang baik. Sumber: Arthaka Land

Foto semua ruangan rumah, eksterior dan interior sebanyak-banyaknya kemudian sortir 15 yang paling baik dan gunakan 15 gambar hasil sortir anda untuk anda upload di iklan properti Anda.

Berikut tips singkat yang bisa Anda ikuti untuk mengambil gambar foto rumah yang baik.

  1. Ambil foto rumah pada waktu pagi hari sekitar pukul 7-8 pagi. Karena di waktu pagi hari, cahaya matahari paling pas untuk dipakai memotret rumah, tidak gelap dan tidak terlalu silau. Anda akan mendapatkan hasil foto rumah dengan sempurna meskipun tanpa bantuan lampu. Tapi tentu saja pastikan kondisi cuacanya sedang cerah tidak mendung atau hujan.
  2. Jangan gunakan feature Zoom saat memotret menggunakan handphone. Menggunakan zoom akan mengurangi kualitas foto. Tingkat kepadatan pixel di foto menjadi berkurang sehingga resolusi foto yang dihasilkan akan menurun drastis. Hasilnya foto pun bakal terlihat lebih buram dan tidak jelas. 
  3. Satu ruangan atau area cukup diwakili dengan satu foto saja dari hasil sortir foto terbaik. Perlu diketahui bahwa tidak semua calon pembeli rumah memiliki waktu yang banyak untuk melihat semua koleksi foto rumah Anda. Mereka biasanya hanya melihat foto-foto rumah secara sepintas saja. Setelah merasa ada yang cocok, barulah mereka akan melihat foto-foto rumah dengan lebih detail. Oleh sebab itu, kamo menyarankan untuk mengggunakan satu foto yang terbaik yang mewakili masing-masing area atau ruagan. Tidak perlu ada foto yang double. Anda bisa memotret sebanyak-banyaknya. Namun saat presentasi, sortir foto yang terbaik menurut anda.
  4. Gunakan mode 'wide'. Saat ini sudah banyak kamera smartphone yang memiliki fasilitas lensa wide dan ultra wide. Dengan memotret rumah dengan mode 'wide', Anda akan mendapatkan hasil foto yang lebih lebar sehingga lebih menggambarkan suasana rumah anda ke calon buyer. Tentunya ini akan lebih cepat memikat mereka.
  5. Saat mengambil foto, jaga agar tangan tidak bergerak sehingga gambar yang dihasilkan tidak menjadi blur, jika anda kesulitan menjaga tangan tidak bergerak/bergetar, bisa menggunakan bantuan tripod untuk mengambil foto. Untuk foto utama ambil dari bagian depan rumah dengan posisi rumah di tengah.

4. Iklankan rumah anda di marketplace properti seperti pasarproperti.com

Cara jual rumah cepat laku yang keempat yaitu memanfaatkan situs jual beli properti online pasarproperti.com. Dengan begini anda dapat berinteraksi lebih cepat dengan calon pembeli. Kemudian share iklan yang sudah anda buat di pasarproperti.com tadi di social media yang anda punya seperti di facebook, instagram dan status whatsapp anda.

Anda bisa mengikuti tips singkat berikut dalam membuat iklan properti di situs jual beli properti online.

  1. Gunakan judul yang menarik dan menggambarkan keunggulan rumah anda, jangan gunakan judul yang terlalu umum seperi "Rumah dijual di Kota Malang". Tetapi gunakan judul yang lebih jelas Misalnya “Rumah Mewah di Permata Jingga Kota Malang Full Perabot dan Dekat Masjid” atau “Rumah mewah area kampus kota malang siap huni dekat masjid, aman anyaman one gate system”.
  2. Upload foto yang sudah anda sortir tadi, setidaknya jumlahnya diatas 10. Jangan hanya satu foto saja seperti orang tidak niat jualan.
  3. Kasih keterangan yang lengkap dan informasi tambahan yang membuat pengunjung ingin membeli rumah tersebut. Seperti info luas tanah, bangunan, tingkat, jumlah kamar, fasilitas sekitar rumah, posisi rumah, fasilitas rumah, kondisi lingkungan sekitar rumah (fasilitas umum perumahan, masjid, dekat pasar, dekat sekolah/kampus,pusat perbelanjaan, mall,pusat kuliner, dll)

5. Minta bantuan agen properti profesional untuk menjualkan rumah anda.

Menjual rumah berbeda dengan menjual barang lain karena harganya yang mencapai ratusan juta keatas, terkadang anda membutuhkan bantuan profesional untuk mendapatkan calon pembeli. Dalam kasus ini, kami sarankan untuk menggunakan agen properti yang sudah berpengalaman. Sebab agen akan membantu anda menentukan harga serta memberikan konsultasi seputar jual beli properti. Anda bisa mulai mencarinya melalui daftar agen properti disini https://pasarproperti.com/cari-agen atau dengan mengunjungi kantor agen properti terdekat di kota tempat tinggal.

Demikian tips cara menjual rumah agar cepat laku. Semoga bisa membantu Anda dalam membuat iklan properti yang baik.