Pasar Properti

Ini Investasi Properti Yang Paling Menguntungkan

investasi properti

Halo property people.... investasi properti masih menjadi pilihan yang dapat mendatangkan banyak keuntungan berlimpah dan aman. Nah tentunya yang menjadi pertimbangan dalam memulai investasi properti adalah memilih jenis usaha properti apa yang menghasilkan keuntungan paling banyak dengan resiko rugi paling kecil. Banyak jenis properti yang dapat Anda pertimbangkan jika ingin menddapatkan cuan dari properti. Property people bisa membaca 5 jenih investasi properti yang paling menguntungkan ini.

Kamar Kos

Investasi properti kamar kos cocok bagi property people yang menginginkan dana segar setiap bulan. Anda dapat memperoleh keuntungan berupa sewa bulanan yang cukup besar. Selain itu anda juga bisa menjual properti indekos anda dengan harga yag lebih tinggi dikemudian hari. Jadi anda mendapat 2 keuntungan, pertama dari uang bualan sewa kamar kos, yang kedua dari kenaikan harga jual indekos jika anda ingin menjualnya di tahun-tahun yang akan datang karena harga tanah dan bangunan indekos biasanya selalu naik dana hampir tidak pernah turun. Investasi properti kamar kos sangat cocok dilakukan di daerah perkotaan, sekitaran pabrik dan area kampus. Kebutuhan tempat tinggal karyawan-karyawan maupun mahasiswa yang berasal dari luar kota menjadi pasar yang ciamik. Bayangkan saja jika anda merubah satu rumah dengan 4-5 kamar menjadi kamar kos dengan harga Rp 1 juta per bulan maka anda dapat memperoleh pendapatan pasif hingga Rp 5 juta setiap bulan. Pendapatan pasif tersebut hanya dikurangi biaya listrik, air dan internet (kalo kamar kos elit) serta perawatan minor yang bianya tidak lebih dari 25 persen dari total pendapatan Anda.

Rumah Kontrakan

Sama seperti rumah kos, investasi properti jenis rumah kontrakan juga dapat mendatangkan pendapatan rutin yang menggiurkan. Cuman bedanya kalo rumah kontrakan biasanya dibayar tiap tahun tidak tiap bulan seperti indekos. Rumah kontrakan biasanya dikontrak oleh orang-orang yang belum memiliki hunian tetap. Pasarnya tentu saja sangat besar terutama di kota-kota besar seperti jakarta, surabaya, semarang, bandung, dan lainnya. Potensi usaha jenis properti ini sangat besar sebab menurut data Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tahun 2020 masih ada 7,64 juta keluarga yang belum memiliki dan membutuhkan tempat tinggal. Seperti halnya seperti usaha kamar kos, Anda mesti mengeluarkan uang untuk biaya perawatan kontrakan yang dikelola. Umumnya anda cukup melakukan perawatan minor kalo masa kontrakannya sudah habis atau setiap tahun sekali yang biayanya dibawah pendapatan kontrakan anda.

Sewa Apartemen

Binis properti ini sama halnya dengan bisnis properti rumah kontrakan bedanya hanya beda bangunan saja. Sama dengan usaha properti indekos dan rumah kontrakan, Anda juga memperoleh keuntungan ganda ketika memilih investasi properti berjenis apartemen. Pertama, Anda dapat menyewakan unit apartemen yang Anda investasikan untuk memperoleh pendapatan pasif setiap bulan, Anda dapat menjual kembali unit apartemen tersebut dan memperoleh untung dari margin antara pembelian awal dan penjualan akhir. Biasanya sasaran sewa apartemen adalah kaum pekerja kantoran muda yang masih lajang atau kaum milinel yang sudah mendapat pendapatan yang tinggi. Pendapatan pasif bisa sangat tinggi karena harga sewa unit apartemen lebih mahal daripada indekos. Ini karena apartemen tidak hanya menawarkan tempat tinggal, melainkan juga fasilitas pendukung yang ada di areanya. Jika Anda ingin menjualnya, margin keuntungan yang bisa Anda dapatkan juga menarik. Pasalnya, kenaikan harga apartemen per tahunnya bisa lebih dari 10 persen. Bahkan untuk kawasan strategis, kenaikannya bisa melambung sampai 20 persen dari harga beli awal.

Ruko

Pangsa pasar jenis properti ruko adalah para pengusaha dan pemilik bisnis. Ada dua pilihan yang dapat Anda pertimbangkan untuk investasi ruko. Pertama, Anda dapat menyewakannya dengan harga lebih tinggi dibandingkan sewa hunian seperti indekos, kontrakan, atau apartemen. Anda juga dapat memperoleh keuntungan dengan memilih bisnis jual-beli ruang perkantoran.

Tanah, Sawah Atau Kebun

Tanah, sawah dan kebun juga masuk investasi properti yang menarik untuk dilirik. Memilih tanah sebagai jenis investasi sangat menyenangkan sebab biaya perawatannya paling kecil dibanding investasi properti lainnya. Jika Anda seorang pemula dan ingin investasi properti, membeli tanah sangat disarankan karena harga tanah yang terus meningkat pesat tiap tahun sebab ada keterbatasan lahan. Jika anda beli di daerah perkotaan, anda bisa menyewakannya untuk tempat parkir atau tempat usaha. Sedangkan jika anda berada di pedesaan, tanah yang anda juga bisa disewakan/bagi hasil untuk sawah atau perkebunan. Sangat mudah dan minim resiko karena anda tidak perlu modal dan perawatan lagi tinggal terima bagi hasil saat panen.