Pasar Properti

Istilah-Istilah Dalam KPR Kredit Pemilikan Rumah

Kredit Pemilikan Rumah atau KPR adalah fasilitas kredit yang disediakan oleh Bank untuk membeli rumah, ruko, apartemen atau properti lainnya. Jika membeli rumah lewat KPR, calon pembeli cukup membayar persekot atau uang muka atau down payment (DP). Sisanya akan dilunasi bank. Sebagai gantinya, nasabah mencicil biaya pelunasan itu per bulan kepada bank dengan disertai bunga.

Yuk kita kenali istilah-istlah dalam dunia KPR biar tidak bingung

  • Akad : Perjanjian/persetujuan antara pihak bank dengan nasabah/calon pembeli rumah
  • Balik Nama: Merubah/mengalihkan kepemilikan hak atas tanah dan bangunan di sertifikat dari penjual kepada pembeli. Disini nama pembeli akan tertera di surat kepemilikan tanah/rumah. Sertifikatnya namanya SHM atau SHGB. SHM singkatan dari Surat Hak Miliki, ini adalah kasta kepemilikan tertinggi yang bisa dimiliki oleh seseorang. SHGB singkatan dari Surat Hak Guna Bangunan. SHGB adalah kasta kedua dibawah SHM dan harus diperpanjang jika waktu hak gunanya habis, SHGB bisa dinaikkan ke SHM dengan memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh BPN (Badan Pertanahan Nasional)
  • BI Chcecking: Proses analisa dan pengecekan oleh pihak bank terkait reputasi dan kemampuan keuangan calon debitur/pembeli
  • Booking Fee: Keseriusan pembeli untuk membeli rumah dengan membayar booking fee atau untuk tanda jadi
  • Biaya-Biaya KPR: Adalah semua biaya yang dibayar diluar dari uang muka dan angsuran KPR
  • Buy Back Guarantee: Jaminan pihak developer rumah/perumahan untuk membeli kembali rumahnya